Follow Us :
- Profil - Visi Misi - Struktur - Pelayanan - Agenda

Selasa, 08 November 2016

Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas

11/08/2016

Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas. Membuat atau menyusun dokumen akreditasi Puskesmas, berdasarkan pengalaman yang telah kami (Puskesmas Makale, red) lalui, tidak sesederhana atau semudah apa yang tercantum dalam buku panduan / pedoman penyusunan dokumen-dokumen akreditasi, baik yang diunduh dari internet maupun yang diperoleh selama kegiatan pendampingan akreditasi. Maklumlah karena sebagian besar dokumen yang disyaratkan tersebut belum pernah dibuat di Puskesmas, ditambah lagi tidak adanya pelatihan tertentu untuk membuat dokumen akreditasi yang baik dan benar, baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten maupun pemerintah daerah setempat. Tidak mengherankan bila kemudian proses penyusunan dokumen akreditasi Puskesmas Makale membutuhkan waktu kurang lebih 1 (satu) tahun dengan berbekal 75% bantuan mbah gugel, 15% hasil kaji banding akreditasi, dan sisanya 10% masukan dari pendamping dan tim surveyor. Kami pun meyakini hal yang sama dialami oleh Puskesmas-Puskesmas lain di seluruh pelosok Indonesia yang sedang mempersiapkan Akreditasi.

Menyusun dokumen akreditasi yang "benar" sesuai standar memang menjadi persoalan utama yang dihadapi semua Puskesmas dalam proses Akreditasi Puskesmas. Seperti yang diketahui bersama, Akreditasi Puskesmas mempersyaratkan adanya pembuktian pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan melalui dokumentasi dan penelusuran, karena pada prinsipnya akreditasi Puskesmas adalah seluruh kegiatan harus tertulis dan apa yang tertulis harus dikerjakan dan sesuai. Sayangnya yang banyak ditemukan adalah pencatatan di Puskesmas masih kurang baik dan tidak ter-dokumentasi dengan rapi, mulai dari perencanaan kegiatan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi kegiatan, tidak tersedianya panduan/pedoman pelaksanaan kegiatan yang baku, serta penerapan sistem pelayanan yang belum berorientasi pada pasien dalam hal ini adalah kepuasan pelanggan. Tanpa pengenalan dokumen akreditasi yang benar ditambah sekelumit persoalan klasik di Puskesmas seperti dipaparkan sebelumnya serta tanpa komitmen akreditasi dari seluruh pihak, membuat proses pembuatan dokumen-dokumen akreditasi terasa semakin berat.

Pada dasarnya Akreditasi Puskesmas menilai 3 (tiga) kelompok pelayanan di Puskesmas, yaitu kelompok administasi manajemen, kelompok Upaya Kesehatan Masyarakat, dan kelompok Upaya Kesehatan Perorangan. Standar akreditasi Puskesmas tersebut disusun dalam 9 (sembilan) Bab yaitu :

Bab I  Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas
Bab II  Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas
Bab III  Peningkatan Mutu dan Manajemen Resiko
Bab IV  Program Puskesmas yang Berorientasi Sasaran (PPBS)
Bab V  Kepemimpinan dan Manajemen Program Puskesmas (KMPP)
Bab VI  Sasaran Kinerja UKM
Bab VII  Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien
Bab VIII  Manajemen Penunjang Layanan Klinis
Bab IX  Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien

Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas
Untuk membantu Bapak/Ibu yang sedang menyongsong Survey Akreditasi Puskesmas, yang masih bingung bagaimana contoh dokumen akreditasi, berikut kami berikan buku Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar, Tahun 2015, yang bisa diunduh secara gratis. Dengan buku ini kita bisa belajar pedoman penyusunan dokumen Surat Keputusan Kepala Puskesmas, cara membuat kerangka acuan kegiatan, manual mutu, Standar Operasional Prosedur (SOP), dan dokumen akreditasi lainnya. Meskipun sedikit sulit untuk dipahami jika tanpa pendampingan, Puskesmas Makale berharap mudah-mudahan bisa sedikit memberikan pencerahan. Demikian pula apabila Bapak/Ibu punya pedoman akreditasi Puskesmas yang lain, mohon untuk dishare agar dapat membantu kawan-kawan yang membutuhkan. Semoga menjadi berkah. Salam Akreditasi, Salam Perubahan.

Unduh Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas disini.

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MEMBACA ARTIKEL BERJUDUL :

Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas

BAGIKAN ARTIKEL INI :