Follow Us :
- Profil - Visi Misi - Struktur - Pelayanan - Agenda

Minggu, 27 November 2016

Mencegah Diabetes Mellitus Dengan Pola Hidup Sehat

11/27/2016

Perubahan pola hidup dapat menghindari atau mencegah Diabetes Mellitus (DM). Tidak dapat disangkal bahwa pola hidup sehat adalah cara paling sederhana dan paling murah untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit, salah satunya Diabetes Mellitus atau DM. Meskipun demikian menjalani pola hidup sehat bagi sebagian orang menjadi tantangan super sulit, berat dan tidak mudah untuk dilakoni. Pola hidup sehat adalah suatu gaya/pola hidup sehari-hari yang sangat mengutamakan kesehatan, baik dalam hal pola makan sehat, minuman, perilaku, pikiran, aktivitas dan lain sebagainya. Menurut badan kesehatan dunia ( WHO ) pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental, fisik dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja.

Diabetes Mellitus adalah penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Hal itu sebenarnya bukan karena tingkat keparahan dari penyakit Diabetes Mellitus yang diderita, tetapi lebih sering diakibatkan oleh komplikasi yang dipicu dari diabetes itu sendiri. Untuk itulah alangkah baiknya bila melakukan pencegahan agar terhindar dari diabetes. Salah satu cara mencegah Diabetes Mellitus atau terhindar dari penyakit DM adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Faktor genetik memang memiliki pengaruh bagaimana seseorang dapat terkena diabetes atau tidak. Namun selain faktor keturunan, gaya hidup juga memiliki berperan besar. Diabetes sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas atau kegemukan, lemak yang berlebih akan menyebabkan resistensi terhadap insulin. Dengan menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot, akan mengurangi jumlah lemak sehingga membantu tubuh memanfaatkan insulin dengan lebih baik. Ternyata ada hubungan antara diabetes dengan letak tumpukan lemak terbanyak. Bila timbunan lemak terbanyak di perut maka risiko terkena diabetes lebih tinggi.
Mencegah Diabetes Mellitus
Mencegah Diabetes Mellitus Dengan Pola Hidup Sehat
Cara mencegah agar terhindar dari Diabetes Mellitus adalah menerapkan pola hidup sehat dengan cara yang mudah, murah dan efektif, sebagai berikut :
  1. Membiasakan hidup sehat.
  2. Biasakan diri berolahraga secara teratur.
  3. Hindari menonton TV atau menggunakan komputer terlalu lama.
  4. Jangan mengkonsumsi permen, cokelat, atau snack dengan kandungan gula yang tinggi.
  5. Hindari makanan siap saji dengan kandungan kadar karbohidrat dan lemak tinggi.
  6. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
Benar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Mulailah pola hidup sehat sekarang untuk mencegah Diabetes Mellitus menyerang anda. Menghindari Diabetes Mellitus dengan memperbaiki pola hidup salah satu cara mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dicanangkan pemerintah. Salam Sehat!

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MEMBACA ARTIKEL BERJUDUL :

Mencegah Diabetes Mellitus Dengan Pola Hidup Sehat

BAGIKAN ARTIKEL INI :