Follow Us :
- Profil - Visi Misi - Struktur - Pelayanan - Agenda

Kamis, 01 Desember 2016

Kode ICD 10 Bahasa Indonesia

12/01/2016

Bapak/Ibu, sahabat Puskesmas sudah punya daftar kode ICD 10 Bahasa Indonesia belum? Dokumen ini adalah salah satu dokumen akreditasi Puskesmas yang cukup penting untuk dimiliki di Puskesmas selain tentu saja Kerangka Acuan Kegiatan, SOP, atau SK. ICD 10 berkaitan erat dalam pelaksanaan pencatatan atau pendokumentasian pelayanan kesehatan di Puskesmas. Seperti yang diketahui bersama bahwa dalam hal pemberian kode penyakit / diagnosa pada rekam medis pasien, pedoman baku yang digunakan saat ini adalah daftar kode ICD 10. ICD adalah pondasi untuk mengidentifikasi tren dan statistik kesehatan secara global, serta standar internasional untuk melaporkan kondisi penyakit dan kesehatan. ICD merupakan standar klasifikasi diagnostik untuk seluruh tujuan klinis dan penelitian.

ICD 10 sendiri disahkan pada bulan Mei 1990, telah dikutip dalam lebih dari 20.000 artikel ilmiah dan digunakan oleh lebih dari 100 negara di seluruh dunia. ICD X mulai digunakan oleh seluruh negara anggota WHO sejak tahun 1994 dan telah diterjemahkan dalam 43 bahasa, salah satunya adalah ICD 10 Bahasa Indonesia. ICD X terus direvisi hingga saat ini, dan kabarnya di Tahun 2017 nanti revisi terbaru akan dirilis yaitu ICD 11.

ICD 10 Bahasa Indonesia
ICD 10 adalah revisi ke-sepuluh dari International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems (ICD), sebuah daftar klasifikasi medis oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Dimana di dalamnya terdapat bebagai kode penyakit, tanda dan gejala, temuan abnormal, keluhan, situasi sosial, dan penyebab eksternal dari cedera atau penyakit. ICD 10 berisi pedoman untuk merekam dan memberi kode penyakit, disertai dengan materi baru berupa aspek praktis penggunaan klasifikasi dan disajikan dalam buku yang terpisah untuk memudahkan penanganan bila diperlukan rujukan pada klasifikasi (ICD 10 volume 1) dan cara penggunaannya (ICD 10 volume 2). Sementara itu instruksi yang rinci dalam menggunakan indeks dapat ditemukan pada buku ICD 10 volume 3. Selain berupa buku, ICD 10 juga dapat diakses secara online sehingga sangat memudahkan penggunanya. Lihat disini.

Kode ICD 10

Bagi sahabat Puskesmas yang sedang mempersiapkan diri menyambut Survey Akreditasi Puskesmas dan belum memiliki buku ICD 10 versi Bahasa Indonesia, anda dapat mengunduh file Daftar Kode ICD 10 versi Bahasa Indonesia berikut ini secara gratis. Semoga bermanfaat tentunya.
- ICD 10 Bahasa Indonesia (disini)
- Alternatif lain bila link di atas bermasalah (disini)

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MEMBACA ARTIKEL BERJUDUL :

Kode ICD 10 Bahasa Indonesia

BAGIKAN ARTIKEL INI :