Follow Us :
- Profil - Visi Misi - Struktur - Pelayanan - Agenda

Jumat, 03 Februari 2012

Sekilas Kota Makale, Tana Toraja

2/03/2012

Kota Makale, demikian biasanya Kecamatan Makale dikenal di tengah-tengah masyarakat Tana Toraja. Makale merupakan pusat perekonomian dan pemerintahan sebagai ibu kota Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota Makale terletak di bagian Utara Provinsi Sulawesi Selatan dan berjarak kurang lebih 310 kilometer dari Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, dan kurang lebih 18 kilometer dari kota Rantepao, ibukota Kabupaten Toraja Utara.

Saat ini perjalanan menuju ke kota Makale, Tana Toraja dari Kota Makassar tidak lagi sulit seperti beberapa tahun yang lalu. Selain akses transportasi darat sudah semakin baik dan lancar, penyedia jasa angkutan umum menuju ke Makale juga sudah semakin beragam. Makale dapat dicapai dengan menggunakan alat transportasi darat seperti Bis, Travel, atau kendaraan pribadi selama 7-8 jam atau menggunakan pesawat selama kurang lebih 30 menit melalui Bandara Pongtiku di Kecamatan Rantetayo, Tana Toraja.

Seperti juga daerah-daerah lainnya, sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan, kota Makale tentu saja menjadi pusat kegiatan ekonomi dan bisnis masyarakat Tana Toraja serta pusat perkantoran. Sebagian besar kantor pemerintahan berada di Makale, termasuk diantaranya sejumlah Perguruan tinggi, Hotel, Bank, Polisi, Rumah Sakit dan tentu saja Puskesmas Makale. Ada sejumlah spot wisata menarik di kota ini yang wajib untuk dikunjungi diantaranya Plasa Makale (Kolam Makale) sebagai ikon Kota Makale yang berada di pusat kota, dan Wisata Religi Buntu Burake untuk menyaksikan patung Yesus. Jangan kuatir soal transportasi karena di kota makale tersedia berbagai pilihan moda transportasi umum yang bisa seperti Angkutan Kota (Angkot), Angkutan Pedesaan dan Ojek Motor.
Kota Makale, Tana Toraja
Plasa Makale atau Kolam Makale
Secara geografis kota Makale terletak di ketinggian sekitar 1500 dari permukaan laut dan berada pada koordinat 3°06’12” LS dan 119°51’13” BT. Iklim di kota ini sangat sejuk sehingga sangat disukai oleh para wisatawan. Lebih lanjut tentang Makale dapat dibaca di artikel Profil Kecamatan Makale di blog ini.

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MEMBACA ARTIKEL BERJUDUL :

Sekilas Kota Makale, Tana Toraja

BAGIKAN ARTIKEL INI :