Beranda » Kategori Mei 2015
Info PKM Makale
Jadwal Kegiatan
Jadwal Posyandu Balita Puskesmas Makale. Pos Pelayanan Terpadu atau lebih dikenal dengan istilah Posyandu merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya.
Jumlah Posyandu Balita di wilayah kerja
Puskesmas Makale adalah sebanyak 28 Posyandu dengan 135 orang kader kesehatan terlatih, yaitu tenaga sukarela yang dipilih oleh masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat. Dalam hal ini kader-kader disebut juga berperan sebagai penggerak atau promotor kesehatan. Sementara itu terdapat pula 10 Posyandu Lansia.
Berikut ini kami berikan informasi
jadwal Posyandu Balita Puskesmas Makale Kecamatan Makale Tahun 2017 yang telah disusun, diinformasikan dan didistribusikan kepada masing-masing Posyandu.
Anda boleh bertanya dan menyampaikan saran atau kritik terkait
jadwal Posyandu atau pelayanan Posyandu yang diberikan atau pelayanan kesehatan lainnya di Puskesmas Makale. Semoga menjadi bahan perbaikan bagi pelayanan Posyandu Balita di wilayah kerja Puskesmas Makale ke depannya. Salam Sehat.
Jadwal Posyandu Balita Puskesmas Makale selengkapnya dapat anda unduh
disini.
Info PKM Makale
Struktur Organisasi Puskesmas Makale Kecamatan Makale disusun dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas. Sehingga mengacu pada peraturan tersebut, struktur organisasi PKM Makale mengalami sedikit revisi atau perubahan, demikian pula dengan sejumlah penanggung jawab dan pemegang program yang mengalami penyesuaian.
Berdasarkan pada Keputusan Kepala Puskesmas Makale No.03/10.TU/SK/V/2015 tentang Struktur Organisasi Puskesmas Makale Kecamatan Makale Tahun 2016, maka telah ditetapkan struktur organisasi Puskesmas Makale yang baru yaitu sebagai berikut :
1) Kepala Puskesmas
2) Unit Tata usaha yang bertanggung jawab membantu Kepala Puskesmas dalam pengelolaan;
- Data dan informasi
- Keuangan
- Umum dan Kepegawaian
3) Unit pelaksanaan teknis fungsional puskesmas :
- Upaya Kesehatan Masyarakat
- Upaya Kesehatan Perorangan
4) Jaringan Pelayanan Puskesmas :
- Unit Puskesmas Pembantu
- Unit Poskesdes
Bagan Struktur Organisasi Puskesmas Makale
KEPALA PUSKESMAS
|
:
|
drg. Benedicta M.W.S
|
KEPALA SUB BAGIAN
TATA USAHA
|
:
|
Daryo Tabayani
Siampa, S.Psi
|
●
|
SIP / SP2TP
|
:
|
Melty Limbong, SKM
|
●
|
KEPEGAWAIAN
|
:
|
Daryo Tabayani
Siampa, S.Psi
|
●
|
KEUANGAN
|
|
|
|
-
|
Bendahara Penerimaan
|
:
|
Oktoviana Ira, AM.Keb
|
|
-
|
Bendahara Operasional
|
:
|
Deby Natalia Palimbongan, S.Kep
|
|
-
|
Bendahara BOK
|
:
|
Kurniati
Linting, S.Kep
|
|
-
|
Bendahara JKN
|
:
|
Debora Lisu
Mangaluk, SKM
|
|
|
|
|
|
UPAYA KESEHATAN
MASYARAKAT
Penanggung Jawab UKM
|
:
|
Suriani Songgo,
S.Kep
|
●
|
UKM
ESENSIAL
|
|
|
|
-
|
PROMOSI KESEHATAN
(Koordinator)
|
:
|
Alfrida, SKM
|
|
|
PHBS
|
:
|
Alfrida, SKM
|
|
|
PSM
|
:
|
Destin Arung,
AMK
|
|
|
PKM
|
:
|
Agustina, S.Kep, Ns
|
|
|
UKS
|
:
|
Salminjayani
Bubang, A.Md.Kep
|
|
|
UKGS
|
:
|
Andi Herlina
Twowanti S.
|
|
-
|
KESEHATAN
LINGKUNGAN
|
:
|
Sira Sambolinggi
|
|
-
|
KIA / KB
(Koordinator)
|
:
|
Siani Bu’tu,
AM.Keb
|
|
|
KESEHATAN IBU
|
:
|
Siani Bu’tu, AM.Keb
|
|
|
KB
|
:
|
Oktovina Ira,
AM.Keb
|
|
|
KESEHATAN ANAK
|
:
|
Herawati, A.md.Keb
|
|
|
KESEHATAN
REPRODUKSI
|
:
|
Alfrida Palobo', Am.Keb
|
|
|
DETEKSI DINI &
MTBS
|
:
|
Jois Ichsan, AM.Keb
|
|
-
|
P2P (Koordinator)
|
|
|
|
|
IMUNISASI
|
:
|
Suriani Songgo,
S.Kep
|
|
|
ISPA
|
:
|
Mery Amping Somalinggi, S.Kep
|
|
|
DIARE
|
:
|
Adolvina Tangi Bali, AMK
|
|
|
TB
|
:
|
Lidia Anita, AMK
|
|
|
KUSTA
|
:
|
Asry Pratiwi
Santawi, Amd.Kep
|
|
|
TYPOID / DBD
|
:
|
Deby Natalia Palimbongan, S.Kep
|
|
|
SURVELANS / CAMPAK
/ KEMATIAN
|
:
|
Melty Limbong, SKM
|
|
|
KECACINGAN
|
:
|
Kornelia Dorce
Paladang
|
|
|
RABIES
|
:
|
Kurniati Linting,
S.Kep
|
|
|
MALARIA
|
:
|
Mesak M.B, AMK
|
|
-
|
PERBAIKAN
GIZI MASYARAKAT
|
:
|
Dakku, SKM
|
|
-
|
KEPERAWATAN
KESEHATAN MASYARAKAT
|
:
|
Agustina, S.Kep, Ns
|
|
|
|
|
|
●
|
UKM
PENGEMBANGAN
|
|
|
|
-
|
KESEHATAN JIWA
|
:
|
Selvi Natal, AMK
|
|
-
|
GIGI MASYARAKAT
|
:
|
Andi Herlina
Twowanti S.
|
|
-
|
KESEHATAN OLAHRAGA
|
:
|
Suriani Songgo,
S.Kep
|
|
-
|
KESEHATAN LANSIA
|
:
|
Bertha Burrang Ramballo, A.Md.Keb
|
|
-
|
KESEHATAN
TRADISIONAL
|
:
|
Deby Natalia, S.Kep
|
|
-
|
KESEHATAN INDRA
|
:
|
Selvi Natal, AMK
|
|
-
|
KESEHATAN KERJA
|
:
|
Mesak M.B, AMK
|
|
|
|
|
|
UPAYA KESEHATAN
PERORANGAN, KEFARMASIAN, LABORATORIUM
|
●
|
RAWAT JALAN
|
:
|
dr. Marthen Budiwan
Parassa
|
●
|
GAWAT DARURAT
|
:
|
Asry Pratiwi
Santawi, S.Kep, Ns
|
●
|
KEFARMASIAN
|
:
|
Binter Bara'padang,
S.Farm, Apt
|
●
|
LABORATORIUM
|
:
|
-
|
●
|
REKAM MEDIS
|
:
|
Selvi Natal, AMK
|
●
|
KIA / KB
|
:
|
Siani Bu'tu, AM.Keb
|
●
|
KESEHATAN GIGI
& MULUT
|
:
|
drg. Benedicta MWS
|
●
|
RAWAT INAP PERSALINAN
|
:
|
Marthina Kendek
Allo, AM.Keb
|
●
|
GIZI
|
:
|
Dakku, SKM
|
●
|
PERSALINAN
|
:
|
Meli Duma'
|
|
|
|
|
|
PELAYANAN PKM DAN
JARINGANNYA
|
|
|
●
|
PUSKESMAS PEMBANTU
|
:
|
Nety Bokko' Mabarrang, Amd.Keb
|
●
|
BIDAN DESA
|
|
|
|
-
|
Kelurahan Tampo
|
:
|
Fransinety Tandirau, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Botang
|
:
|
Nety Bokko' Mabarrang, Amd.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Tarongko
|
:
|
Rita Padudung, AM.Keb
|
|
-
|
Lembang Lea
|
:
|
Irmawati Rante, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Rante
|
:
|
Agustina, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Ariang
|
:
|
Periskila Moling, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Tondon
|
:
|
Fransiska Moling, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Burake
|
:
|
Nety Pali Rante, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Manggau
|
:
|
Agus Mangallo, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Kampen
|
:
|
Naomi, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Lamunan
|
:
|
Lisnawati, AM.Keb
|
|
-
|
Kelurahan Lapandan
|
:
|
Asriani Seko, AM.Keb
|
●
|
PUSKESMAS KELILING
|
:
|
Mesak M.B, AMK
|
●
|
FASILITAS YANKES
|
:
|
Agustina, S.Kep,
Ns
|
Info PKM Makale
Sebelum lanjut tentang Visi Misi Puskesmas Makale, serta Tujuan dan Tata Nilai-nya, mari belajar sedikit tentang definisi Visi dan Misi. Istilah Visi berasal dari kata vision, yang berarti penglihatan, merupakan gambaran dan tujuan suatu instansi atau perusahaan di masa depan. Sedangkan Misi adalah cara yang ditetapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Visi diartikan sebagai pandangan atau wawasan ke depan. Mita (2008) memberi definisi Visi sebagai apa yang kita bayangkan secara ideal yang akan di raih pada masa depan, sementara Arman (2008) menyebutkan visi adalah pernyataan yang menjabarkan hal-hal yang hendak di wujudkan perusahaan di waktu mendatang. Selanjutnya menurut Arman (2008) definisi Misi adalah kumpulan pertanyaan yang mencerminkan hal-hal yang tengah atau hendak dijadikan atau hendak dicapai dalam waktu dekat. Wibisono (2006) menjelaskan misi sebagai penetapan target atau tujuan perusahaan untuk waktu yang singkat yang umumnya satu hingga tiga tahun.
Bagaimana? Sudah paham apa yang dimaksud dengan Visi dan Misi bukan?
Kembali tentang Visi Misi Puskesmas Makale. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Puskesmas Makale Nomor 04/10.TU/SK/V/2015, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Makale ditetapkan Visi Misi Puskesmas Makale Kecamatan Makale, beserta Tujuan dan Tata Nilai Puskesmas Makale, sebagai berikut :
A. VISI PUSKESMAS MAKALE
Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Yang Profesional, Berkualitas dan Ramah Pasien
B. MISI PUSKESMAS MAKALE
- Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat.
- Meningkatkan kualitas SDM yang profesional dan berkomitmen tinggi.
- Meningkatkan tata kelola Puskesmas yang baik melalui perbaikan manajemen yang profesional, akuntabel, efektif dan efisien.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana.
- Membangun Sistem Informasi dan Manajemen Puskesmas.
- Meningkatkan pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.
C. TUJUAN
- Menjadi Puskesmas terbaik pilihan masyarakat.
- Memberikan layanan kesehatan yang berorientasi pada kepuasan pasien.
- Mewujudkan tata kelola Puskesmas yang profesional, akuntabel dan efektif dan efisien.
D. TATA NILAI
“PRIMA”
- Profesional : Memiliki kompetensi dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.
- Ramah : Memiliki sikap yang sopan dan santun kepada seluruh masyarakat dan rekan sekerja.
- Inisiatif & Inovatif : Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri dengan ide-ide kreatif serta memberi terobosan bagi peningkatan pelayanan kesehatan.
- Malu : Memiliki budaya malu bila tidak melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
- Akuntabel : Memberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat diukur dan dipertanggung jawabkan.